Disclaimer

Tidak semua orang memiliki persepsi yang sama mengenai apa itu blog dan seperti apa isinya. Untuk itu, saya akan mencoba meluruskan beberapa hal umum yang mencakup keseluruhan materi blog ini. Dengan demikian, kesalahpahaman yang mungkin terjadi di kemudian hari bisa diminimalisasi.

  1. Blog ini murni adalah pandangan pribadi. Karena itu, apa yang tertulis di blog ini tidak mencerminkan pandangan perusahaan tempat saya bekerja atau organisasi di mana saya terlibat.
  2. Tulisan blog ini adalah murni opini, bukan hasil karya jurnalisme atau penelitian ilmiah. Karena itu, saya tidak dapat memberikan jaminan mengenai obyektivitas dan akurasi isinya.
  3. Dalam banyak hal, saya bukanlah seorang ahli. Karena itu, anggaplah segala opini saya di blog ini sebagai pendapat seorang awam, bukan seorang kritikus, pengamat, atau pakar.
  4. Blog ini tidak memiliki kepentingan komersial. Karena itu, tidak ada yang membayar saya untuk semua isi blog ini, termasuk materi yang bersifat kritik atau rekomendasi. Iklan yang tampil di blog ini adalah milik pengelola WordPress.com sehingga semua keuntungan dari iklan adalah milik mereka.
  5. Sebagai manusia yang masih harus banyak belajar, opini saya bisa berubah atau berkembang. Karena itu, materi yang tertanggal lebih dari satu tahun yang lalu belum tentu mencerminkan pandangan saya saat anda membaca materi itu.

Iklan