Web Log: Agustus 2017

Why Citing a Scientific Study Does Not Finish An Argument (J Anomaly & B Boutwell/Quilette) – Sebuah kritikan bagi saya dan siapa saja yang terlalu gampang mengeluarkan jurus pamungkas “menurut penelitian…” untuk menyederhanakan fenomena sosial. Penelitian memang penting, tapi banyak syarat dan ketentuan yang harus dijabarkan ketika menjadikannya sebagai landasan sebuah argumen.

Bertemu Grup Neo-Nazi Malaysia yang Mengimpikan Kemurnian Ras Melayu (Nick Chester/VICE) – Dari dulu saya selalu penasaran dengan pola pikir para neo-Nazi di luar Jerman; Maksud saya, mereka tahu kan kalau Hitler menganggap ras mereka lebih inferior dibanding ras Arya? Wawancara VICE dengan sekelompok neo-Nazi di Malaysia ini membuka mata saya akan betapa pragmatisnya mereka dalam mengadopsi elemen-elemen Nazisme untuk mengekspresikan semangat ultra-nasionalisme mereka.

Fatal Distraction: Forgetting a Child in the Backseat of a Car Is a Horrifying Mistake. Is It a Crime? (Gene Weingarten/The Washington Post) – Sebuah artikel pemenang Pulitzer tahun 2010 yang mengangkat fenomena sejumlah orangtua yang alpa meninggalkan anaknya terikat di kursi bayi di dalam mobil sepanjang hari – kasus semacam ini umumnya berakhir dengan mengenaskan untuk semua pihak. Sangat gampang untuk menghakimi para orangtua itu sebagai orangtua yang tidak bertanggung jawab, tapi artikel ini begitu kuat menyampaikan sisi lain yang manusiawi dari para orangtua itu.

Are You An Echo: The Remarkable Story of the Forgotten Young Woman Who Became Japan’s Most Beloved Children’s Poet (Maria Popova/Brainpickings) – Misuzu Kaneko adalah seorang penyair muda Jepang di awal abad ke-20 yang tadinya dilupakan orang. Di tahun 1966 seorang penyair muda lainnya menemukan satu puisi Kaneko dan menghabiskan 16 tahun untuk mencari puisi-puisinya yang lain. Kini puisi-puisi Kaneko telah dibaca oleh anak-anak sekolah se-Jepang. Sayang hidupnya berakhir tragis.

ARE YOU AN ECHO?

If I say, “Let’s play?”
you say, “Let’s play!”

If I say, “Stupid!”
you say, “Stupid!”

If I say, “I don’t want to play anymore,”
you say, “I don’t want to play anymore.”

And then, after a while,
becoming lonely

I say, “Sorry.”
You say, “Sorry.”

Are you just an echo?
No, you are everyone.

Menghancurkan Penulis Lewat Resensi (Yohanes Octa) – Seorang peresensi buku mengeluarkan uneg-uneg tentang sejumlah peresensi lainnya yang tidak meresensi dengan niat memberi umpan balik; Entah dibayar untuk mengangkat penjualan, atau menjatuhkan berlebihan padahal memang tidak suka dengan dasar genre-nya.

Stop Pretending You’re Not Rich (Richard Reeves/New York Times) – Refleksi mengenai sistem kelas di Inggris dan perbandingannya dengan Amerika. Menurut penulis, setidaknya di Inggris orang-orang sadar akan adanya kelas-kelas sosial-ekonomi di masyarakat, sementara di Amerika para kelas menengah-atas tidak sadar akan itu dan merasa semua kesuksesannya adalah hasil dari meritokrasi belaka.

No one is well-served by sexism in Japan (Banyan/The Economist) – Satu lagi artikel mengenai betapa keringnya kehidupan percintaan dan pernikahan di dunia nyata di Jepang. Sebagian sudah saya tahu, tapi ada pula beberapa informasi baru: Seperti budaya istri (ibu rumah tangga penuh waktu, tentu saja) yang ‘melarang’ suaminya untuk pulang ke rumah sebelum sang istri menidurkan anak-anaknya.

How Fonts Are Fueling the Culture Wars (Ben Hersh/Backchannel) – Pilihan font tidak hanya sekedar soal estetika atau kejelasan visual untuk dibaca. Artikel ini membahas beberapa contoh mengenai tipografi yang merefleksikan problematika sosial, politik, dan sejarah masyarakat yang menggunakannya – atau yang menolaknya.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s