Web Log: Juni 2017

Consuming orphans in a Jakarta mall (Ray Yen/New Mandala) – Konteksnya adalah acara berbuka puasa bersama anak panti sebagai acara CSR di sebuah mall, tapi saya kira perasaan eksploitatif yang dialami penulis bisa terjadi pada acara ulang tahun atau yasinan yang seringkali juga melibatkan anak panti. Ada rasa bersalah karena keluarga besar saya beberapa kali juga melakukan hal serupa meski niatnya baik.

Why Is China So… Uncool? (George Gao/Foreign Policy) – Cina mungkin meraksasa dalam ekonomi dunia – dan dengan naiknya Trump, punya kesempatan memimpin perpolitikan global. Tapi satu hal yang masih menjadi kelemahan Cina adalah kurangnya soft power yang bersumber dari film, musik, dan budaya pop – bahkan terkalahkan oleh tetangga-tetangganya yang lebih kecil (Korea Selatan, Jepang, Taiwan).

Our obsession with personal branding reveals a dark truth about the future of work (Noah Berlatsky/Quartz) – “Membangun personal brand” adalah mantra masa kini untuk membangun karir pekerja kerah putih di perkotaan. Dibaliknya, menurut seorang profesor Antropologi, trend itu adalah gejala dari semakin tidak manusiawinya dunia pencari kerja yang menganggap (calon) karyawan sebagai produk.

Is orthorexia an eating disorder? The debate over a new illness (A. Kimball/Chatelaine) – Ortoreksia adalah istilah baru yang merujuk pada obsesi yang berlebihan terhadap pola makan yang dianggap sehat (diet, sugar-free, organik, gluten-free, rendah lemak). Sejumlah praktisi menganggap ini adalah gangguan baru yang setara dengan anoreksia atau bulimia, tapi para pakar lain merasa bahwa ini hanyalah gejala dari gangguan lain yang sudah ada sebelumnya.

Anatomy of a Lynching (Aatish Taseer/The New York Times) – Selagi membaca artikel ini, saya terus berpikir keras bagaimana menerjemahkan kata “lynching“? Tidak sekedar pembunuhan atau main hakim sendiri, lynching adalah eksekusi yang dilakukan kelompok priviledged untuk memberi pesan pada kelompok minoritas atau yang tak berdaya, “Tahu diri dan jangan main-main dengan kami kalau kalian tak ingin seperti dia.”

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s