Web Log: Maret 2017

Someone Once Said I Was ‘Selera Bule.’ Is It a Compliment or an Insult? (Arzia Wargadiredja/VICE) – Perempuan Indonesia dengan kulit kecokelatan kerap dicap ‘eksotis’ dan cocok dengan ‘selera bule.’ Benarkah selera bule seperti itu? Vice lagi-lagi membahas topik yang nyleneh dengan perspektif yang menarik.

If you want to be a better person, find something to do outside of work (Alex Preston/Quartz) – Waktu luang dan pengisiannya dengan hobi adalah dua hal seringkali kita terima apa adanya. Mengapa ada waktu luang? Apa itu ‘hobi’, dan sejak kapan umat manusia membutuhkan itu? Alex Preston membahas mengenai sejarah dan filosofi dibalik hobi dan mengapa kita tidak perlu serius-serius amat mengenainya.

Johny Indo Pemimpin Geng Perampok Pachinko (Petrik Matanasi/Tirto.id) – Kisah tentang seorang perampok toko emas dan kawanannya di era Jakarta 70-an. Agak terlalu singkat untuk selera saya yang ingin tahu lebih banyak lagi, tapi bisa dilihat tulisan-tulisan lainnya tentang perampok lokal di Tirto.id.

The Great Wine Fraud (Ed Cumming/The Guardian) – Kisah penjahat flamboyan selalu menarik perhatian, apalagi penjahat asal Indonesia yang melakukan pemalsuan botol wine langka di jantung penikmat wine Amerika di California. Masalah dimulai ketika para kolektor kaya mulai curiga dan menyewa detektif pribadi untuk menyelidiki.

A Million People Live in These Underground Nuclear Bunkers (Ye Ming, Antonio Faccilongo/National Geographic) – Di masa perang dingin, Ketua Mao memerintahkan dibangunnya puluhan ribu bunker di kota-kota untuk mengantisipasi perang nuklir. Setelah ketegangan berakhir, para birokrat Tiongkok tak kurang akal untuk mengubah bunker-bunker kosong itu jadi kamar dan ruko yang bisa disewa orang sipil.

Food sovereignty and peasant activism (Sarah Mourney/Inside Indonesia) – Cerita tentang petani Lombok (dan yang ingin jadi petani) yang berjuang mempertahankan tanah dan paham ‘kedaulatan pangan’ mereka di tengah gempuran turisme. Bagi mereka, jargon ‘kedaulatan pangan’ yang didengungkan Jokowi hanyalah tipu muslihat belaka.

Sholat Jumat di Harvard: Misalkan Kita Minoritas (Timbalaning) – Tidak sekedar catatan peristiwa di tempat asing, si penulis juga merefleksikan kembali privilege-nya mengenai beribadah yang selama di Indonesia sudah dia terima sebagaimana wajarnya. Minoritas bukan hanya sekedar jumlah, tapi juga relasi kekuasaan yang timpang dengan mayoritas.

Poor and on their own, South Korea’s elderly who will ‘work until they die’ (Lam Shushan/Channel News Asia) – Liputan mengenai lansia Korsel yang masuk dalam taraf miskin dan harus terus bekerja untuk hidup. Etika Konfusian membuat mereka tak berhak mendapat jaminan sosial dari pemerintah karena mereka tercatat memiliki anak yang diasumsikan akan merawat mereka, padahal kenyataannya tidak selalu begitu.

Dark Patterns – Pernah merasa kaget karena subscription yang tidak jelas tiba-tiba masuk ke e-mail anda? Atau betapa sulitnya unsubscribe dari layanan tertentu? Mungkin anda sedang terjebak dalam dark pattern, atau bagaimana situs-situs tertentu dengan culasnya menggunakan user interface yang membingungkan untuk memerangkap anda.

‘Follow your passion’ is wrong, here are 7 habits you need instead (Aaron Orendorff/Mashable) – Mungkin saya agak bias karena sudah terlalu jengah dengan orang-orang yang mendewakan passion, jadi 7 sikap alternatif ini terdengar lebih holistik dan seimbang: Purpose, picking, practice, planning, positioning, peripheral, dan perseverance.

Spektrum Halal Haram Makanan di Jepang (Albadr Nasution) – Meski katanya aturan halal dan haram itu sudah jelas, pada praktiknya the devil (ha!) is in the details. Simak tulisan seorang mahasiswa Indonesia di Jepang ini yang menjabarkan variasi kriteria mengenai apa yang bisa atau tidak bisa disebut makanan halal di sana.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s