Web Log: Februari 2017

Jacqueline Kennedy’s Struggle After J.F.K.’s Assassination: The Nightmares, Drinking, and Suicidal Thoughts (Barbara Leaming/Vanity Fair) – Secuplik kisah longform mengenai kondisi psikologis Jackie Kennedy setahun pertama setelah suaminya terbunuh. Tulisannya lumayan panjang, tapi memberikan gambaran yang intim dan detail mengenai gejala-gejala yang kelak akan disebut sebagai gangguan stres pasca trauma.

Black Metal dari Arab Saudi (Nuran Wibisono/Tirto.id) – Kisah skena black metal di Arab Saudi (juga beberapa negara Teluk lainnya) dan bagaimana suka duka mereka untuk bisa eksis di negara yang super-religius itu. Apalagi tampilan visual yang gelap dan lirik yang subversif tidak mendukung mereka untuk bisa diterima keberadaannya oleh pemerintah.

Tentang Dubai, Kafir, dan Donat Goreng (Nadila Dara) – Cerita perjalanan ke Dubai atas undangan departemen turisme sana. Yang menjadi fokus adalah kunjungan ke pusat kebudayaannya, dan bagaimana refleksi si penulisnya terhadap situasi di Indonesia. Belum tentu akurat sih, karena presentasi departemen turisme pastinya positif saja.

America’s Trump: A Land Not Mine (Gita Putri D./Magdalene) – Ketika Trump dilantik menjadi presiden AS, seorang perempuan yang pernah berkuliah di Amerika merefleksikan pengalamannya dalam menemui banyak hal-hal yang ‘Indonesia’ di sana. Saya suka bahasanya yang begitu intim dan pribadi.

Ijazah Abal-Abal di Perguruan Tinggi Besar (Supriadi Rustad) – Tautannya tidak berasal dari sumber asli karena sumber asli (blog si penulis) entah kenapa menghapusnya. Ini cerita tentang seorang anggota tim pengawas perguruan tinggi yang menemukan program doktor yang mencurigakan di sebuah perguruan tinggi besar.

Begini yang Kulakukan Saat Putri Kecilku Minta Disunat (Indanavetta Putri/VICE) – Apa yang harus kita katakan ketika anak perempuan kita minta agar disunat mengikuti saudara laki-lakinya. Apa yang dialami Indanavetta Putri ini membuatnya mempelajari lebih lanjut mengenai apa yang terjadi dalam khitan perempuan dan bagaimana itu dilakukan di Indonesia atas nama agama dan adat.

“Sponsored” by my husband: Why it’s a problem that writers never talk about where their money comes from (Ann Bauer/Salon) – Sebagai seseorang yang terkadang punya impian (hanya impian) jadi penulis, artikel ini agak membangunkan saya. Terlepas dari talenta dan kerja keras yang dilakukan, privilege yang tak terucap (dan malu untuk diucapkan) bagaimanapun juga tetap punya peranan pendukung.

Obama After Dark: The Precious Hours Alone (Michael D. Shear/NYT) – Sebuah tangkapan unik mengenai aktivitas (sekarang mantan) presiden Obama selepas matahari terbenam. Ia kebanyakan menyendiri di ruang khusus, dan seringkali terjaga sampai pukul 1 dini hari dengan hanya berbekal kacang almond untuk kudapan.

Steve Bannon Carries Battles to Another Influential Hub: The Vatican (Jason Horowitz/NYT) – Ini berita yang agak aktual, tapi saya agak terkejut juga melihat ‘otak di balik Trump’ ini mencoba menyeret para pejabat konservatif di Kuria Roma untuk terlibat dalam ‘pembangkangan’ melawan Paus Fransikus dan pendukungnya yang dianggap terlalu liberal, sosialis, dan toleran dengan para muslim.

On the Milo Bus With the Lost Boys of America’s New Right (Laurie Penny/Pacific Standard) – Salah satu pentolan dari alt-right, kaum ultra-konservatif muda Amerika, yang sedang naik daun adalah Milo Yiannopoulos… setidaknya sampai ia dijatuhkan dari daunnya karena komentarnya yang ditafsirkan mendukung pedofilia. Seorang reporter mengikuti Milo dan timnya dalam tur wicara mereka dan mengungkapkan pendapatnya dalam sebuah esai yang menurut saya sangat pedas dan menohok.

Iklan

One comment

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s