Web Log: Desember 2016

Bapakku Gun Jack, Preman Terbesar Yogyakarta (Dea Karina/VICE) – Tampaknya saya bakal sering memunculkan artikel VICE di sini karena fitur-fiturnya yang menarik. Salah satunya adalah ini – memori dan refleksi seorang perempuan muda yang menjadi anak dari seorang preman terkemuka di Yogyakarta. Ada sedikit romantisme preman sebagai pelindung rakyat kecil dan kaum marginal di sana, tapi ya ini memang subyektif.

Making enemies out of friends (Ian Wilson/New Mandala) – Ada banyak analisis mengenai mengapa perlawananan terhadap gubernur Ahok begitu keras. Ini adalah salah satunya, yang melihat bahwa tuduhan penistaan hanyalah puncak dari kemarahan yang ditimbun akibat intensitas penggusuran yang dianggap kejam di bawah rezim Ahok.

Cerita Rakyat Irian Jaya 1982 (Dayu Rifanto/Academia.edu) – Scan dari sebuah buku hasil ‘Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah’ oleh Departemen P&K (terdengar sangat Orba sekali ya?). Agak sulit dibaca online karena sebagian halaman di-scan secara vertikal. Tetap saja, ini adalah arsip penting yang tak boleh ditelan zaman.

The Go-Jek Effect (Ford & Honan/Inside Indonesia) – Agar tidak lupa, rekap sejarah Go-Jek dari awal berdirinya hingga tahun ini. Menarik melihat bahwa rata-rata penghasilan dari Go-Jek masih lebih tinggi daripada ojek mandiri, meski sudah jauh lebih rendah dari hype di awal Go-Jek mulai populer. Serikat dan aksi kolektif juga mulai bermunculan, meski secara resmi para supir Go-Jek ini disebut sebagai ‘mitra’ dan bukan karyawan.

The ‘shame’ of Indonesia’s widows and divorcees (Nicholas Herriman/Asian Studies Association of Australia) – Kata ‘janda’, buat kita orang Indonesia, seringkali diterima sebagaimana adanya dan hampir tidak pernah dipikirkan lebih lanjut. Jadi cukup menyegarkan melihat orang luar mengamati fenomena ini dan mencoba untuk menelaah konsep janda – atau lebih tepatnya, bagaimana budaya dan masyarakat kita memandang janda.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s