Film: Captain America: Civil War (2016)

Menonton film ini mau tak mau membuat saya teringat pada Batman v Superman yang saya tonton sebulan sebelumnya. Saya tahu orang-orang bilang membanding-bandingkan itu tidak baik, tapi banyaknya kesamaan antara keduanya membuatnya saya tak bisa lepas memikirkannya selama dan setelah menonton film ini. Selain tanggal rilis yang berdekatan, dua-duanya juga berkisah mengenai konflik internal antar para pahlawan super dalam menyikapi konsekuensi keberadaan dan aksi mereka. Saya sudah sedikit mengulas mengenai Batman v Superman (dan membandingkannya dengan The Avengers!), lalu bagaimana dengan Civil War?

civilwar

Meski film ini resminya adalah film Captain America, Civil War sendiri lebih terasa seperti The Avengers 2.5: Memang tidak ada makhluk maha keji yang membuat para pahlawan super kita berkumpul, tapi toh mereka akhirnya tetap ngumpul (meski sesaat). Bahkan kalau dihitung, pahlawan super yang tampil di film ini justru lebih banyak dibanding The Avengers 2: Age of Ultron. Tapi berbeda dengan Age of Ultron, Civil War -dengan segala penekanannya pada #TeamCaptainAmerica v #TeamIronMan- terasa lebih adil dalam menampilkan para superhero lain di layar sehingga mereka tidak terkesan seperti figuran yang baru kepikiran untuk ditambahkan belakangan.

Proporsi jam tayang yang lebih seimbang itu menurut saya adalah salah satu indikator dari kuatnya penceritaan Civil War – bahkan bisa dibilang salah satu cerita film superhero terbaik yang pernah saya lihat. Di luar adegan-adegan aksinya yang memukau, film ini juga banyak menyuguhkan banyak suspense, konflik, dan drama antar tokoh-tokoh superhero kita. Unsur komedi malah jauh lebih berkurang dibanding film-film Marvel sebelumnya yang cenderung lebih ceria serta penuh (dan kadang terlalu banyak) celetukan konyol dari para tokoh utamanya, tapi menurut saya ini justru dosis yang pas untuk cerita yang ingin disampaikan Civil War.

Satu hal yang menurut saya bisa jadi faktor positif atau negatif dari ceritanya adalah keterkaitan erat film ini dengan cerita di Age of Ultron dan Captain America: Winter Soldier. Latar belakang berupa dua film penuh membuat film ini tak perlu menghamburkan waktu tayangnya untuk membangun setting dan karakterisasi yang kuat; Sejak awal Civil War sudah ngebut bercerita (tapi tak terburu-buru) dengan asumsi penonton setidaknya sudah familiar dengan dua film itu. Kalau ada yang belum menonton salah satu atau keduanya, mungkin cerita film ini jadi terasa wagu dan tak sebagus apa yang saya klaim di paragraf sebelumnya.

Poin lain yang bagi saya menonjol dari Civil War adalah justru bukan para pemain lama, melainkan tokoh-tokoh barunya. Chadwick Boseman tampil dengan begitu berkarisma sebagai T’Challa alias Black Panther; Perkenalan karakternya juga dipadukan dengan apik dalam cerita sehingga membuat saya tak sabar untuk menunggu satu film khusus untuk Black Panther ini. Lalu ada antagonisnya, Helmut Zemo yang diperankan dengan baik oleh Daniel Bruhl. Lagi-lagi saya harus memuji ceritanya karena berani menampilkan antagonis yang tidak biasa untuk ukuran film superhero, bahkan saya kira lebih unik dibanding tokoh antagonisnya Iron Man 3 (if you know what I mean…).

Kembali ke pembanding-bandingan yang disinggung di awal tadi, saya cukup takjub bagaimana Civil War bisa menang mutlak mengalahkan Batman v Superman di dalam pikiran saya. Film ini jelas unggul dalam hal cerita yang lebih koheren dan berhasil menyampaikan pesannya serta pengenalan karakter baru yang lebih smooth dan nyambung dengan karakter lama. Mungkin Batman v Superman agak sedikit lebih baik dari film ini soal adegan-adegan aksi dan pemandangan CG yang spektakuler, tapi itu menurut saya harga yang murah dibayar untuk mendapatkan cerita superhero sebaik Civil War.

3 comments

Tinggalkan Komentar

