Film: Paranoia (2013)

Satu lagi film agak baru yang tak pernah saya dengar keberadaannya sampai muncul tiba-tiba di saluran TV berbayar. Menurut internet sih rating-nya cukup jelek, tapi saya tidak bisa menolak judul film yang mengundang rasa penasaran serta penampilan Gary Oldman yang diposisikan melawan Harrison Ford. Ada pula Liam Hemsworth yang pernah saya lihat di Hunger Games, tapi rekam jejaknya tidak termasuk dalam salah satu faktor pendorong saya untuk mencicipi Paranoia.

paranoia

Paranoia berkisah mengenai dunia spionase industri antara dua raksasa telekomunikasi yang masing-masing dikepalai oleh Nicholas Wyatt (Gary Oldman) dan  Jock Goddard (Harrison Ford). Dan di tengahnya ada Adam Cassidy (Liam Hemsworth), karyawan Wyatt, yang ditugaskan menyelundup masuk menjadi karyawan Goddard dan mencuri purwarupa ponsel terbaru milik Goddard.

Dengan cerita yang bisa penuh intrik dan manipulasi semacam itu, Paranoia seharusnya bisa menyajikan cerita yang memikat dan penuh kejutan. Tapi bahkan dalam momen-momen klimaks pun, film ini sama sekali gagal dalam membangun ketegangan dan menarik-ulur rasa penasaran saya. Banyak segmen cerita justru teralihkan dalam subplot buruk mengenai konflik batin Cassidy karena perempuan yang pernah ia tiduri satu kali setelah bertemu di bar (diperankan oleh Amber Heard) ternyata adalah Emma Jennings, kepala pemasaran Goddard.

Cerita Paranoia yang hambar juga tidak terbantu oleh akting Liam Hemsworth yang tidak meyakinkan sebagai seorang pekerja IT kerah putih yang dipaksa terjun sebagai mata-mata. Paling mendingan (tentu saja) adalah aktingnya Gary Oldman sebagai seorang CEO ambisius yang menghalalkan trik-trik kotor – tapi itupun masih kurang berkesan dan menonjol dibanding film-film lainnya di mana Oldman juga berperan sebagai antagonis cerita.

Setelah membaca resensi para kritikus film mengenai Paranoia, saya bisa mengamini konsensus umum mereka yang memberikan film ini rating yang jelek. Cerita yang di bawah standar, akting yang tidak menggugah, dan -ini yang paling mengesalkan saya- judul film yang sangat mengecoh dan tidak klop dengan tema filmnya.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s