Film: Big Hero 6 (2014)

Agak memalukan bagi saya untuk mengatakan bahwa hampir tidak ada film animasi Disney modern yang saya tonton di bioskop; Seingatan saya, Tangled, Wreck-It-Ralph, dan Frozen semuanya akhirnya saya tonton di Disney Channel di kanal TV kabel. Begitu juga nasib Big Hero 6 yang saya abaikan karena waktu itu rasanya banyak juga film-film bagus yang rilisnya berdekatan dengan film ini. Dan kini, hampir setahun kemudian, akhirnya saya berkesempatan menonton Big Hero 6 di televisi.

bighero6

Untuk ukuran film anak-anak, Big Hero 6 dengan cukup mengejutkan membawa tema yang lumayan berat: Kedukaan atas kepergian orang terdekat, dan pentingnya dukungan sosial untuk bisa melewati proses kedukaan dengan baik. Meski tema ini disampaikan terlalu sering dan gamblang dalam film, saya merasa tak begitu terganggu karena memang ini tema yang penting untuk dipahami anak dan orangtua yang menemaninya.

Dan karena ini film anak-anak, Disney dengan pintar membungkus tema yang melankolis itu dalam balutan kisah super hero yang penuh aksi dengan konsep sentai seperti Power Rangers. Proporsi adegan drama dan adegan aksinya menurut saya cukup seimbang, dan adegan aksinya terasa sangat spektakuler bak film-film blockbuster Marvel (yang memang sekarang sudah dimiliki Disney), jauh lebih baik dari adegan aksi di film-film animasi Disney dan Pixar sebelumnya. Ditambah dengan CGI yang memukau mata, saya rasa orang yang tak begitu mengikuti ceritanya tetap bisa menikmati Big Hero 6.

Dari segi cerita, Big Hero 6 menggunakan template yang cukup standar untuk menceritakan kelahiran sekelompok ‘pahlawan bertopeng’. Sayangnya karena tema yang digunakan cukup pribadi, karakter yang benar-benar dikembangkan hanyalah Hiro si tokoh utama dan interaksinya dengan si robot Baymax. Karakter-karakter lain yang menjadi bagian dari Big Hero 6, meski lucu dan menyenangkan, tidak begitu didalami dan terasa hanya menjadi bagian dari support bagi Hiro untuk menyelesaikan konfliknya.

Dibandingkan dengan Frozen, Big Hero 6 mungkin kurang begitu fenomenal. Terlepas dari beberapa kekurangannya, bagi saya film ini adalah paket komplet film animasi keluarga yang pas: Ada drama yang menyentuh, komedi yang jenaka, aksi yang memukau, dan pesan moral penting yang bisa dicerap dan diaplikasikan oleh seluruh anggota keluarga.

One comment

Tinggalkan Komentar

