Film: Mission Impossible: Rogue Nation (2015)

Serial film Mission Impossible sejauh ini tak pernah gagal di mata saya; paling ‘buruk’ mungkin cuma Mission Impossible 2 yang nadanya agak aneh sendiri karena disutradarai dengan gaya film aksi Hong Kong oleh John Woo. Tapi secara keseluruhan serial ini sudah berhasil menggarap lahan sendiri dan belum tergoyahkan baik oleh veteran lama seperti James Bond maupun penantang baru macam Jason Bourne atau Jack Ryan.

roguenation

Lalu bagaimana dengan film terbarunya, Rogue Nation? Untuk para fans lama, mungkin film ini tidak membawa sesuatu yang baru atau modifikasi dari pakem yang sudah ada; Seperti biasa, kita akan melihat Ethan Hunt dan timnya ditangkap, memburu sekelompok penjahat multinasional dengan keahlian yang menyamai IMF, pergi ke lokasi-lokasi eksotis, membobol masuk ke sarang musuh dengan sistem keamanan mematikan, kejar-kejaran dalam kecepatan tinggi, dan tak lupa penggunaan berbagai macam trik dan gadget canggih.

Tapi kalau belum lelah dengan semua klise itu, Rogue Nation berhasil membalut kerangka lamanya dengan lapisan cat baru yang kinclong. Ke mana arah ceritanya sudah bisa diraba-raba, dan tidak ada adegan ikonik yang menyamai penyelinapan Ethan Hunt ke markas CIA di Mission Impossible 1 atau ketika ia memanjat Burj Khalifa di Ghost Protocol; Namun semua hal yang standar itu ditampilkan melalui penyutradaraan yang jernih dan rapih sehingga tetap enak dan segar dilihat.

Yang cukup menonjol dalam Rogue Nation menurut saya malah karakter pendukungnya: Rebecca Ferguson yang memerankan Ilsa Faust, agen rahasia misterius yang menyamar masuk menjadi anggota kelompok musuh. Karakter Faust ditulis dengan sangat bagus sebagai agen yang kompleks, sangat kompeten, dan mampu mengimbangi karakter Ethan Hunt; Ferguson saya rasa cukup sukses dalam menunjukkan kekuatan karakternya.

Karena jalan ceritanya yang ‘begitu saja’, tokoh-tokoh yang lain juga rasanya diperankan dengan ‘begitu saja’. Akting Tom Cruise sebagai Ethan Hunt tak jauh berbeda kualitasnya dengan film-film sebelumnya, begitu juga dengan Ving Rhames, Jeremy Renner, dan Simon Pegg. Yang paling lemah menurut saya adalah akting Alec Baldwin -berperan sebagai direktur CIA yang ingin membubarkan IMF- yang tidak terlihat meyakinkan.

Pada akhirnya, Rogue Nation adalah satu lagi contoh sukses dari serial film Mission Impossible. Dengan karakter yang kuat dan penyutradaraan yang rapih, saya tetap dapat menikmati segala ketegangan dan adrenalin yang disampaikan oleh film ini meskipun tidak ada yang benar-benar spesial dari ceritanya.

Iklan

One comment

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s