Resensi: Guardians of the Galaxy (2014)

Ketimbang serial komik Marvel utama yang sudah dianggap klasik seperti Iron Man atau Captain AmericaGuardians of the Galaxy (GotG) termasuk properti yang asing bagi saya (dan sepertinya kebanyakan orang-orang lain).  Maka saya dihadapkan pada sebuah dilema: Di satu sisi, saya berharap film ini bisa menawarkan hal baru yang belum pernah saya temui di film-film kelompok The Avengers. Tapi di sisi lain, karena GotG berada di dalam semesta yang sama dengan tokoh-tokoh Marvel lain, saya juga berharap film ini bisa memberi kesinambungan antara film-film Marvel terdahulu dengan apa yang mungkin akan terjadi di film-film Marvel yang akan datang.

gotg

Sejak menit awal, GotG memang sudah memposisikan dirinya sebagai film petualangan yang ‘ringan’; Meski ada saat-saat dramatik atau aksi yang mencengangkan, tapi yang paling saya ingat adalah gelak tawa para penonton di bioskop melihat interaksi Star Lord dengan rekan-rekannya; di sini betul-betul terlihat kualitas skenario maupun akting masing-masing pemeran dalam menampilkan chemistry antar tokoh yang otentik. Selera humornyapun terasa segar dan berbeda dengan humor yang ada di The Avengers atau trilogi Iron Man. Jika harus dibandingkan dengan film lain, mood film ini mungkin paling mendekati Pirates of the Caribbean.

Hal lain yang cukup membedakan GotG dengan film-film Marvel lainnya adalah dunia luar angkasanya yang kontras dengan setting Iron Man, Captain America, bahkan Thor, yang cenderung membumi. Di film ini kita akan disuguhi beragam pemandangan alien yang fantastis dan memukau mata. Sayangnya, dunia yang ditampilkan terasa hanya sedangkal mata memandang karena sedikit sekali detail yang diceritakan mengenai dunia itu; Sampai film berakhir, masih belum jelas bagi saya negara seperti apakah Nova Corps itu atau seperti apakah bangsa Kree yang sudah berperang dengan Nova Corps selama ribuan tahun.

Untuk ukuran sebuah film baru, GotG tampaknya secara sadar berfokus pada pengenalan karakter daripada pengenalan setting. Kalau itu memang tujuannya, menurut saya film ini cukup berhasil dalam memulai franchise Marvel yang berbeda dibanding yang lain dan berpotensi berumur panjang. Juga untuk para fans film superhero Marvel yang berharap-harap bisa mengintip isi cerita film-film Marvel selanjutnya, GotG juga menawarkan sekelumit ‘bocoran’ mengenai cerita besar yang akan terjadi di, kemungkinan besar, The Avengers 3.

6 comments

  1. […] Ant-Man termasuk salah satu film blockbuster yang saya tunggu-tunggu di tahun 2015. Meskipun karakter komiknya (berikut sutradara dan sebagian besar aktor pemeran di filmnya) cukup asing bagi saya, tapi saya menaruh harap pada kemampuan studio film Marvel untuk mengangkat karakter-karakter yang tidak terkenal dan membuat penonton jatuh cinta dengan mereka pada…. […]

    Suka

  2. […] Terlepas dari semua kekurangan itu, saya suka Doctor Strange. Ceritanya cukup kompeten, visualnya lumayan unik, dan Cumberbatch membuat film ini menjadi tidak membosankan. Tapi untuk ukuran film superhero dengan tokoh baru, mungkin Doctor Strange akan saya tempatkan di atas Suicide Squad dan sedikit di atas Ant-Man, tapi setingkat di bawah Deadpool dan Guardians of Galaxy. […]

    Suka

  3. […] Guardians of the Galaxy yang pertama berhasil memikat hati saya dengan karakterisasi yang kuat dan humor yang segar. Maka saya jadi agak cemas juga mengira-ngira apakah sekuelnya ini bisa membawa sesuatu yang baru dan melampaui standar yang ditetapkan pendahulunya, atau terjebak dengan pengulangan sama yang lebih ‘aman’ namun miskin kreativitas. Saya juga kuatir akankah kisah film ini akan dikompromikan untuk menjadi ‘penghubung’ bagi film-film Marvel selanjutnya seperti Thor 3 atau The Avengers 3. […]

    Suka

Tinggalkan Komentar

