Resensi: Now You See Me (2013)

Perkara coleng-mencoleng termasuk ke dalam salah satu genre film favorit saya. Menyenangkan melihat bagaimana para tokoh utamanya mempersiapkan aksi mereka hingga detail terkecil dan kemudian menjalankannya dengan mulus dan penuh gaya…sampai ada masalah sepele yang membuat mereka harus berimprovisasi atau mengeluarkan rencana rahasia. Maka premis Now You See Me, sebuah film heist dengan gimmick trik sulap, terdengar seperti sebuah cetak biru film heist yang sempurna. Tapi bagaimana eksekusinya?

nowyouseeme

Lupakan dulu eksekusinya, karena setelah selesai menonton film ini, saya rasa para produsernya melupakan satu hal esensial dalam cetak biru mereka: Karakter. Dengan bintang-bintang yang cukup berkelas seperti Mark Ruffalo, Jesse Eisenberg, Michael Caine, dan Morgan Freeman, seharusnya Now You See Me juga bisa dipenuhi oleh akting-akting yang memukau dan tokoh-tokoh yang mengundang simpati atau antipati penonton.

Tapi nyatanya tidak. Now You See Me padat dengan cerita dan plot (ada tiga atau empat heist yang digambarkan di film ini), tapi begitu miskin dengan pengembangan karakter sehingga saya tidak begitu peduli dengan apa motivasi para tokohnya atau bagaimana nasib mereka ketika terancam bahaya; Saya hanya ingin mendengar penjelasan bagaimana aksi mereka dilakukan dan bagaimana itu berefek pada kelanjutan cerita.

Di sini saya melihat ada semacam ironi mengenai buruknya Now You See Me sebagai sebuah film. Saya merasa kalau film ini lebih mirip sebuah show sulap: Megah, penuh unsur visual teatrikal, tapi pada akhirnya penonton tidak akan peduli dengan karakter dan motif si pesulap atau asistennya. Sang trik sulap adalah bintang utamanya.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s