Resensi: Jack Reacher (2012)

Tom Cruise bagi saya selalu identik dengan Ethan Hunt dalam film Mission: Impossible. Jadi ketika saya membaca sinopsis Jack Reacher, saya mengira kalau film ini tak lebih dari Ethan Hunt dalam nama dan situasi yang lain. Tapi kemudian saya teringat akan Collateral, di mana Tom Cruise memerankan seorang tokoh aksi yang cukup berbeda; Karena itu saya berharap mudah-mudahan perkiraan saya untuk Jack Reacher salah.

jackreacher

Ternyata tidak terlalu salah juga. Tom Cruise tidak berakting sebagus dia memerankan Vincent di Collateral, tapi jelas usahanya cukup baik untuk menampilkan seseorang yang berbeda dengan Ethan Hunt. Jack Reacher lebih kasar, brutal, dan tak berperasaan, tapi memiliki kemampuan observasi dan deduksi kilat ala Sherlock Holmes.

Mungkin ini adalah salah penata busana atau penata make-up-nya yang tidak bisa menjadikan karakter Jack Reacher lebih unik secara visual. Padahal dari sisi Tom Cruise-nya saya rasa sudah cukup pol; Gaya bicara, gestur tubuh, bahkan bagaimana ia berkelahi sudah lumayan terlihat berbeda dibanding ketika ia memainkan Ethan Hunt atau Vincent.

Di luar karakterisasi, Jack Reacher memiliki kisah yang cukup standar: Seseorang dituduh membunuh lima orang secara acak, dan Jack Reacher harus menemukan kebenarannya…dengan cara apapun; Ini tipe cerita yang biasanya ditemukan di serial televisi macam CSI. Dan pengembangan plotnyapun klise dan kurang orisinal; Karena waktu kecil banyak novel-novel detektif yang saya lalap, saya langsung bisa menduga apa twist yang bakal muncul kemudian begitu muncul petunjuk penting di tengah cerita.

Secara keseluruhan, Jack Reacher sayangnya adalah film yang rata-rata. Ceritanya kurang mengigit untuk ukuran film Hollywood, penyutradaraannya juga biasa-biasa saja. Tom Cruise, yang seharusnya jadi bintang yang paling bersinar (kalau bukan satu-satunya) di film ini (lihat saja posternya di atas), kelihatan sudah berusaha sebisa mungkin menampilkan aura Jack Reacher; Sayangnya bahkan seorang Tom Cruisepun tidak cukup kuasa untuk menarik Jack Reacher ke kategori ‘film wajib tonton.’

One comment

Tinggalkan Komentar

