Resensi: Jack Ryan: Shadow Recruit (2014)

Tidak tinggi harapan saya ketika menonton film ini, karena siapalah yang bisa menyaingi triumvirat serial mata-mata mainstream: James Bond, serial Bourne, dan Mission: Impossible. Jack Ryan, meskipun didasarkan pada karakter permanen pada sejumlah novel Tom Clancy yang sudah lama beredar, tetap saya anggap sebagai pendatang baru yang masih harus membuktikan dirinya punya identitas tersendiri.

shadowrecruit

Dalam hal itu, saya kira Shadow Recruit cukup berhasil. Sejak awal film ini cukup konsisten untuk meletakkan fondasi yang solid dari karakter Jack Ryan sekaligus menggarisbawahi diferensiasi uniknya: Dia ‘hanyalah’ analis intelijen yang jenius, peka terhadap informasi, namun terpaksa menjadi agen lapangan dan enggan untuk membunuh.

Maka cerita film inipun disusun di seputar premis itu. Tidak terlalu banyak penekanan pada adegan berantem, kebut-kebutan di jalan, melanglang buana ke lokasi-lokasi eksotis, atau gadget mata-mata yang canggih; Yang kita dapatkan dari Shadow Recruit adalah aksi mata-mata yang, meskipun tetap menegangkan dengan rasa Hollywood, tapi relatif lebih membumi dengan berfokus pada spionase, pencurian informasi, dan analisis data intelijen.

Di sini saya rasa Kevin Costner-lah yang paling menjiwai peran mata-matanya. Chris Pine sebagai karakter utamanya, meskipun memang sudah terasa usahanya untuk mengeluarkan aura Jack Ryan, pada akhirnya tetap terlihat kurang maksimal. Akting yang paling jelek saya nobatkan untuk Keira Knightley yang memerankan pacar Jack Ryan, meski menurut saya setengahnya adalah salah penulis skenarionya.

Penulis skenarionya juga saya salahkan untuk penggunaan unsur plot yang terdengar usang. Rusia sebagai musuh Amerika yang diam-diam ingin meluncurkan serangan mendadak? Di tahun 2014? Itu dan akting para pemerannya yang rata-rata standar membuat saya merasa film ini belum bisa menyamai ‘para seniornya’. Tapi sebagai film perkenalan karakter Jack Ryan, menurut saya Shadow Recruit adalah batu pijakan yang kokoh untuk sekuel-sekuel selanjutnya.

Tinggalkan Komentar

