Resensi: Chernobyl Diaries (2012)

Sejak awal, Chernobyl Diaries tidak memberikan kesan pertama yang baik buat saya. Teknik found footage yang kasar di menit-menit pertama membuat saya hampir berhenti menontonnya saat itu juga, untungnya itu hanya kecohan belaka; arahan kameranya cukup normal sepanjang sisa film, meskipun tetap terasa…apa ya? Amatiran? Tidak artistik? Mentah? Pokoknya tetap terasa kasar, tidak sehalus film-film Hollywood biasanya.

chernobyldiaries

Tapi persepsi saya terhadap para karakter utama relatif tidak berubah: Unlikeable, mungkin karena latar belakang mereka juga sudah terasa terlalu klise: Sekelompok anak muda sedang hura-hura ke sebuah lokasi eksotik. Pun dengan apa yang kemudian terjadi dengan mereka sepanjang film: Satu persatu dilalap oleh kengerian yang tersembunyi di tempat itu karena mereka membuat serangkaian keputusan bodoh.

Maka satu-satunya hal yang menyelamatkan Chernobyl Diaries bagi saya adalah setting dan eksekusi horornya yang lumayan efektif. Chernobyl (atau lebih tepatnya, Pripyat) sebagai kota mati yang dijadikan sebagai area terlarang oleh militer Rusia memberikan atmosfer yang cukup meneror meskipun separo film pertama terjadi di siang hari.

Dan pemilihan ‘karakter’ antagonisnyapun saya kira cukup cerdas: Bermula dari yang biasa-biasa saja (meski tetap menakutkan) hingga kemudian berganti jadi lebih seram (meski sesungguhnya cukup biasa dalam genre horor). Untungnya mereka tidak terlalu diekspos berlebihan di depan kamera -cukup sekelebatan saja- sehingga tetap menjadi ‘misteri’ meskipun sepanjang setengah film terakhir memburu para protagonis kita.

Chernobyl Diaries mungkin tidak menawarkan sesuatu yang baru bagi genre film horor, tapi menurut saya ia cukup kompeten dalam mengeksekusi klise-klise film horor klasik menjadi sesuatu yang tetap mencekam meskipun terasa familiar.

Iklan

One comment

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s