Resensi: The Secret Life of Walter Mitty (2013)

Saya selalu mengasosiasikan Ben Stiller dengan film-film komedi standar Amerika, biasanya dengan sedikit topping drama romantis atau keluarga yang penuh pesan moral di atasnya. Baru setelah melakukan riset untuk menulis resensi ini saya sadar kalau sosok yang selama ini menjadi subyek asosiasi di dalam bayangan saya adalah Adam Sandler.

waltermitty

Anyway, karena kesalahpahaman itu saya jadinya tidak ingat kapan terakhir kali melihat Ben Stiller di sebuah film, tapi ya saya sudah terlanjur berangkat (dan pulang dari) menonton film ini dengan segala ekspektasi mengenai film-film tipikalnya Adam Sandler. Dan The Secret of Walter Mitty, agak mengejutkannya, cukup meleset dari ekspektasi itu, tapi saya agak sulit untuk menentukan apakah itu hal baik atau hal buruk.

Kesan pertama yang membekas pada saya mengenai film ini adalah visualnya yang sangat menarik, terutama pada adegan-adegan luar di lokasi eksotis yang tak kalah spektakulernya dengan The Hobbit yang menggunakan lanskap Selandia Baru. Salut saya pada Ben Stiller sebagai sutradara dan pada director of photography-nya.

Sayangnya, saya tidak bisa memberikan salut yang sama kepada Ben Stiller sebagai aktor. Memang, aktingnya secara keseluruhan cukup meyakinkan sebagai sang protagonis, Walter Mitty, yang memang seharusnya digambarkan sebagai manusia yang sangat biasa. Yang menjadi masalah adalah ketika aktingnya tidak mengalami kemajuan untuk mengikuti karakternya yang (seharusnya) sudah berkembang di paruh kedua film.

Cerita film ini adalah apa yang saya maksud dari ‘ekspektasi yang meleset’ di atas. Meskipun temanya sangat jelas (live your dream), tapi penyampaiannya sangat subtil dan kita tidak terlalu dibombardir monolog penegasan seperti film-film ‘inspiratif’ sejenis. Tapi jadinya malah film ini seperti tidak punya identitas yang jelas; Segala komedi dan kelucuan hanya tampak di awal-awal film, sementara sisi ‘pesan moral’-nya juga sangat mengambang hingga akhir film.

Tinggalkan Komentar

