Resensi: The Losers (2010)

Biasanya saya suka dengan film-film berbasis komik dan novel grafis. Meski hasilnya kadang tidak memenuhi harapan, umumnya mereka masih cukup menghibur mata; Paling tidak mereka masih cukup sukses menyalin ulang efek visual ala komik yang stylish ke dalam sinematografi film adaptasinya. Dan kalau melihat resensi-resensi saya yang lalu-lalu, ini adalah preferensi saya.

thelosers

Film ini nampaknya menjadi salah satu dari hasil yang ‘tidak biasa’, dalam artian yang buruk. Mengenai The Losers, saya sendiri belum pernah mendengar soal komiknya, dan tampaknya memang relatif tidak terkenal dibandingkan lini komik Vertigo lainnya seperti Fables atau V for Vendetta. Mungkin ini bisa menjelaskan kenapa film hasil adaptasinya sangat buruk sekali. Not recommended.

Premis ceritanya sendiri tidak begitu orisinal: Sekelompok tim pasukan khusus rahasia yang dikhianati oleh oknum dari ‘kantor pusat’ dan dijadikan tumbal/kambing hitam, dan kini mereka harus bergerilya meringkus oknum tersebut dan membersihkan nama mereka. Terdengar agak terlalu mirip dengan The A-Team, ya?

Saya tidak tahu apakah komik aslinya mencoba untuk menambahkan twist atau mengembangkan premis ceritanya lebih dalam, tapi film adaptasinya terasa seperti tiruan kwalitet kelas dua-nya The A-Team. Sedikit perbedaan-perbedaan yang ada tidak begitu signifikan, sementara untuk segala kesamaannya (humor, karakterisasi), The A-Team lebih unggul dalam eksekusinya.

Lebih disayangkan lagi karena sesungguhnya aktor-aktor yang bermain di The Losers seharusnya cukup mumpuni untuk sebuah film aksi; Ada Jeffrey Dean Morgan, Zoe Saldana, Idris Elba, dan Chris Evans. Kecuali beberapa adegan di awal, aksi mereka tidak terlalu mengesankan dan tidak segila The A-Team, meski secara karakterisasi mereka mencoba (dan gagal) meniru Hannibal, Murdoch, dan kawan-kawan.

Secara keseluruhan, kalau mau menonton film dengan cerita seperti ini, menonton The A-Team rasanya sudah cukup. Kalau sudah pernah menontonnya, The Losers tidak membawa sesuatu yang lebih baru dan segar.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s