Resensi: Tinker Tailor Soldier Spy (2011)

Sebagai sebuah film bertema mata-mata badan intelijen Inggris (MI6), jangan mengharapkan menonton Tinker Tailor Soldier Spy bakal seperti menonton serial klasik James Bond.

Film ini bukan aksi atau petualangan, bahkan bukan thriller atau suspense seperti yang diklaim di poster film. Hanya ada sedikit kejutan dan ketegangan yang saya rasakan sepanjang menonton film ini, tapi itu tidak sepenuhnya buruk.

tinkertailor

Tinker bisa dibilang lebih cocok disebut sebagai drama. Fokusnya adalah dinamika dan interaksi para karakter dan bagaimana pekerjaan intelijen dan atmosfer perang dingin yang penuh kecurigaan kemudian mempengaruhi hidup mereka.

Di sini saya rasa para aktor, mulai dari Oldman hingga Cumberbatch, benar-benar memberikan akting dramatik terbaik mereka.Tidak berlebihan, namun cukup meyakinkan untuk menominasikan Oldman sebagai aktor terbaik dalam Oscar 2012.

Yang menjadi masalah adalah ritme cerita. Saya tidak tahu novel sumber adaptasinya seperti apa, tapi di film ini semuanya dikisahkan terlalu cepat; Belum sempat saya benar-benar mencerna apa yang barusan terjadi di layar, alur sudah menggiring saya ke plot berikutnya.

Salah satu yang menjadi korban adalah pengenalan para karakternya (yang lumayan banyak) yang terasa minim, sehingga di awal film saya harus menerka-nerka karakter ini namanya siapa dan apa hubungannya dengan karakter lain. Biasanya saya suka dengan prinsip show, don’t tell, tapi di sini rasanya penulis naskah atau sutradaranya sudah berasumsi bahwa penonton sudah agak familiar dengan karakter-karakter tersebut.

Tinker Tailor Soldier Spy ini, menurut saya, adalah sebuah film yang ‘Inggris banget.’ Setting yang sangat menggambarkan nuansa London tahun 70-an, aktor-aktor terbaik Inggris yang tampil dengan gentleman, dan alur cerita yang sangat…bagaimana ya menerjemahkan low-key? Restrained? Subdued? Mungkin lebih pas kalau saya artikan sebagai ‘realistis’, setidaknya kalau dibandingkan dengan Hollywood pada umumnya.

Tinggalkan Komentar

