Resensi: Looper (2012)

Sejujurnya saya agak kecewa begitu selesai menonton film ini. Dengan pemeran utama JGL (yang cuma saya kenal sebagai Arthur-nya Inception) dan Bruce Willis (a.k.a yippy-ki yay, motherf-), ditambah dengan sampul DVD seperti poster yang tercantum di atas, yang saya harapkan adalah sebuah film penuh aksi dengan setpiece yang memicu adrenalin serta efek khusus dan sinematografi yang memanjakan mata.

looper

Tapi yang saya temukan adalah sinematografi yang datar, efek khusus yang terasa ber-budget rendah untuk ukuran film blockbuster Hollywood, dan aksi yang sangat minim; apa yang ada pun, cukup mendasar dan tidak begitu ‘wah’. Intinya, kalau mengharapkan film yang brutal seperti Die Hard atau aksi penuh gaya dan twist seperti Inception, Looper sangat jauh dari itu.

Malahan, menurut saya Looper ini justru lebih cocok disebut film drama fiksi ilmiah yang cukup suram dengan latar belakang distopia yang sama gelapnya. Bukan aksi yang jadi fokus, melainkan karakter-karakternya. Hanya saja, bagi saya cuma karakter utama si JGL yang cukup berkembang sepanjang film; itupun terasa kurang menggigit, entah karena kemampuan aktingnya yang belum mumpuni atau penulis skenarionya yang kurang jago.

Karakter lain? Bruce Willis ya begitu thok, tetap terjebak menjadi dirinya sendiri di film manapun dia tampil, terlihat datar bahkan ketika ia melihat istrinya mati (bukan, ini bukan spoiler). Emily Blunt pun aktingnya juga biasa-biasa saja, tidak ada yang cukup membekas di ingatan. Jadinya ya unsur drama yang ingin ditonjolkan juga kurang mengena. Padahal konsep cerita dan setting-nya menurut saya cukup menarik, sayang eksekusinya terkesan masih mentah.

Tinggalkan Komentar

