Waktu yang Terbuang Sia-Sia

Rasanya ada yang salah ketika kita menganggap sebuah pengalaman yang berakhir buruk atau kurang baik (dibandingkan pengalaman orang lain pada umumnya) sebagai sesuatu yang selalu percuma atau ‘buang-buang waktu saja’.

Ketika ada seorang yang menjalin hubungan pacaran selama 8 tahun yang kemudian berakhir dengan perpisahan, biasanya ada saja yang berujar seperti ini, “Wah, sayang ya menghabiskan waktu untuk pacaran selama itu, tapi malah putus.” Hal yang senada bisa diungkapkan pula pada mereka yang baru bisa lulus kuliah setelah 8 tahun, atau malah setelah 8 tahun akhirnya drop-out.

waktu

Tak jarang sentimen semacam itu juga disertai kekaguman pada mereka yang hidupnya ‘lurus-lurus saja’. Mereka yang lulus tepat waktu (syukur-syukur bisa lebih cepat), menikah ‘tepat waktu’, punya anak ‘tepat waktu’, mantu ‘tepat waktu’, dan mungkin kelak juga mati ‘tepat waktu’.

Waktu menjadi komoditas objektif yang tidak bisa ditambah atau dikurangi oleh siapapun, dan karena itu yang dipuja-puji adalah mereka yang selalu dianggap mampu memampatkan seluruh waktunya untuk melakukan hal-hal yang esensial atau penting bagi keberlangsungan hidupnya dengan efektif dan efisien tanpa menyisakan tempat untuk ‘perpanjangan waktu’.

Padahal, yang juga penting adalah pemahaman yang didapat dari penggunaan waktu itu sendiri. Yang menjadi soal bukanlah seberapa cepat atau lambat seseorang membaca buku, melainkan pembelajaran apa yang didapat setelah buku itu dibaca.

Seseorang bisa saja mendapat buku yang jelek nan tebal, entah karena tidak tahu ketika memilih atau apes ketika dipilihkan. Tapi pemahaman bahwa isi buku tersebut salah dan sebaiknya tidak dipraktikkan adalah pertumbuhan karakter yang jauh lebih bernilai ketimbang seseorang yang mendapat buku bagus dan tipis namun hanya membacanya sekilas saja.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s